WALPAPPER DINDING YANG WAJIB DI PAHAMI

WALPAPPER DINDING YANG WAJIB DI PAHAMI

Dalam bahasa indonesia, walpapper adalah gambar latar belakang. Wallpaper kerap digunakan pada dekorasi ruangan ruangan yang di gunakan pada tempat yang berbeda di sebuah rumah. Secara Seerhana nya, walpapper rumah atau bisa di sebut wallpaper dinding dapat menjadi alternatif pilihan kalian ingin mendekorasi ulang dinding rumah namun tidak ingin mengecatnya kembali. Secara sederhananya, wallpaper rumah atau biasa di sebut wallpaper adalah kertas yang di gunakan untuk menutup dan mendekorasi ruangan. Walpapper dinding dapat menjadi alternatif pilihan bila kalian ingin mendekorasi ulang dinding rumah namun tidak ingin mengecatnya kembali. Motif wallpaper cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan tema dekorasi yang ingin kalian pakai sesuai selera kalian masing-masing

JENIS WALLPAPER DINDING

– Wallpaper heavy duty paper, terbuat dari kertas yang memiliki lapisan cukup tebal. Biasanya, wallpaper ini dibuat dengan motif timbul yang unik

– Fabric wallpaper, terbuat dari dari kain yang umumnya berbahan beludru. Jika dibandingkan dengan material lainnya, wallpaper berbahan kain terbilang mahal. Pengaplikasiannya pun cukup rumit karena mudah kusut.

– Wallpaper vinyl terbuat dari bahan vinyl yang saat ini banyak diminati. Selain harganya yang terjangkau, wallpaper vinyl juga memiliki ketahanan yang relatif lama, tidak mudah kotor ataupun sobek.

– Pure backing wallpaper adalah salah satu jenis wallpaper yang banyak digunakan. Materialnya dari kertas sehingga harganya terjangkau dan mudah dipasang. Sayangnya wallpaper ini cenderung tipis dan rentan sobek.

– Foil wallpaper dapat menjadi pilihan bila Kalian menyukai efek mengilat dari materialnya. Namun pastikan berhati-hati saat memasangnya, karena wallpaper ini mudah kusut.

KELBIHAN PENGUNAAN

– Salah satu keunggulan wallpaper dinding yakni motifnya yang beragam. Tidak seperti cat tembok yang polos saja. Motif wallpaper dinding yang unik dapat mempercantik ruangan. Bahkan dengan menggunakan wallpaper estetik ruangan dalam rumah akan terasa lebih hidup.

–  Dapat menjadi pilihan jika kamu tidak sempat membenahi tembok yang retak. Dengan menggunakan, tembok retak bisa ditutupi dan tampak lebih menarik.

– Walau ada beberapa jenis wallpaper dinding yang sulit dipasang, tetapi proses pemasanganya lebih cepat daripada mengecat tembok. Selain itu, wallpaper dinding juga mudah dibersihkan bila ada noda yang menempel di permukaannya.

– Penggunaan dapat membuat rumah tampak lebih mewah dan elegen. Terlebih jika Kalian menggunakan wallpaper dengan motif estetik yang sesuai desain ruangan.

KEKURANGAN PENGUNAAN

– Tidak tahan lama. Walau dapat menjadi alternatif pengganti dekorasi dinding, tetapi ketahanan tetap tak selama cat tembok. Sebab, umumnya mudah sobek atau memudar warnanya. Terlebih jika kamu tidak merawatnya dengan benar.

– Jika dibandingkan dengan mengecat tembok, penggunaan  justru lebih mahal. Umumnya, dijual dalam roll sepanjang lima meter persegi. Jadi,  kamu harus membeli dalam jumlah cukup banyak untuk mendekorasi ruangan. Selain itu, pemasangan juga berisiko sobek. Bila demikian, maka kamu harus mengeluarkan bujet lebih untuk mengganti wallpaper yang sobek.

– Beberapa jenis pun mudah rusak, sobek, dan berjamur. Terlebih jika wallpaper dipasang di ruangan yang lembap dan ber AC.

– Meninggalkan bekas saat diambil. Bekasnya pun cenderung sulit dibersihkan dan harus menggunakan cara khusus. Selain itu, perawatan wallpaper dinding juga lebih rumit daripada cat tembok. Jika kamu tidak telaten, lebih baik gunakan cat tembok atau dekorasi lainnya saja.

 

Dengan mengetahui jenis dan kelebihan serta kekurangannya, kamu akan lebih muda menentukan motif wallpaper dinding yang paling sesuai. Lakukan perencanaan konsep dengan jelas agar pembelian tidak mubazir. Bagaimana, apakah Kalian ingin menggunakan wallpaper ?